Tips Bangun Hubungan Ayah dengan Anak ala Seleb

father-1004022_1920

Peranan ayah kini mengalami pergeseran. Tidak hanya berperan sebagai pencari nafkah keluarga, ayah juga dapat berperan aktif dalam pengasuhan anak. Pasalnya kedekatan ayah dengan anak dapat menunjang perkembangan kognitif, motorik, dan kemampuan bersosialisasi anak.

Bingung bagaimana membangun hubungan yang dekat antara Anda dengan buah hati?. Coba tiru cara-cara yang dilakukan para selebriti berikut ini:

 

1. David Beckham

A photo posted by David Beckham (@davidbeckham) on

Pria yang dinobatkan sebagai The Sexiest Man Alive 2015 versi majalah People ini kerap terlihat menghabiskan waktu bersama anak-anaknya. Hal sederhana yang bisa ditiru dari bapak 4 anak ini adalah mengantar anak ke sekolah. David meluangkan waktu untuk mengantar Brooklyn, anak sulungnya, ke sekolah. Tentunya dalam perjalanan menuju sekolah, Anda bisa mengobrol dengan anak. Pancing anak untuk bercerita terlebih dulu. Anda pun bisa memutar lagu-lagu favorit anak dan bernyanyi bersama sepanjang perjalanan menuju sekolah. David pun tidak segan-segan mengajak putri bungsunya, Harper, dalam berbagai kegiatannya seperti menghadiri undangan fashion show, sekedar bermain di taman, dan makan berdua di sebuah kafe. Selama bepergian bersama, David kerap menggendong Harper yang masih balita. Tidak ada salahnya Anda meniru cara ini dengan meluangkan waktu bersama anak di akhir pekan. Hanya sekedar bermain di arena permainan di alam atau pusat perbelanjaan, makan es krim di sebuah kafe, atau menemaninya ke toko buku. Selama bepergian Anda bisa menggendong atau menggandeng buah hati. Anak tidak hanya merasa dekat dengan Anda, melainkan juga merasa aman dengan memperoleh perlindungan dari ayahnya.  

2. Justin Timberlake

 

Justin Timberlake dinobatkan sebagai The Sexiest Dad Alive 2015 versi majalah People. Mantan anggota grup boyband NSYNC ini menikmati profesi barunya sebagai ayah dari Silas Randall. Ia ikut mengasuh putranya tersebut dengan mengganti popok Silas. Bahkan Justin tidak keberatan menemani istrinya, Jessica Biel, begadang merawat Silas. Hubungan emosional dapat Anda bangun sejak anak masih bayi. Terlihat sepele namun kegiatan mengganti popok bisa menjadi momen bagi Anda mengajak bayi berbicara. Sentuhan lembut Anda pun bisa melatih motorik dan kognitifnya.

 

3. Brad Pitt

Sumber: http://starcrush.com/angelina-jolie-brad-pitt-kids/
Sumber: http://starcrush.com/angelina-jolie-brad-pitt-kids/

Meski telah menginjak usia setengah abad, Brad Pitt masih semangat mengasuh enam anaknya. Suami dari Angelina Jolie ini merasa sangat bersyukur bisa menjadi ayah. Brad mengaku bahagia setiap melihat wajah anak-anaknya. Dalam membesarkan anak, Brad mengaku bergantian dengan istrinya dalam mendisiplinkan anak. Salah satu kegiatan favoritnya adalah mengajarkan anak-anaknya untuk sikat gigi sebelum tidur. Anda bisa meniru kegiatan ini di rumah. Buat lah kegiatan sikat gigi menjadi menyenangkan sehingga anak selalu menanti kehadiran Anda. Kegiatan lain sebelum tidur pun bisa Anda coba seperti mendongeng dari buku cerita kesukaan Anak. Tidak lupa untuk melakukan kontak mata dengan anak untuk memberi kehangatan baginya.

 

4. Joe Taslim

A photo posted by JTL (@joe_taslim) on

Joe Taslim selalu berusaha libur di akhir pekan di sela-sela kegiatannya sebagai aktor laga. Akhir pekan kerap ia gunakan sebagai momen bersama keluarga. Aktor yang pernah membintangi film Fast and Furious 6 ini selalu memboyong anak-anaknya liburan di dalam negri maupun mancanegara. Namun satu hal yang selalu ia lakukan ketika bersama anak-anaknya adalah ia menenangkan anak ketika menangis di malam hari.

Anda pun bisa meniru cara Joe mendekatkan diri kepada anak. Saat anak menangis, Anda bisa menenangkannya dengan berbagai cara. Mulai dari menggendong anak, memeluk anak, menatap matanya dan mengajak bicara, dan lainnya. Tanpa disadari, Anda telah memberi kepedulian lebih kepada anak dan memberinya rasa aman.

Kedekatan Anda dengan anak akan menciptakan hubungan yang akrab. Perlahan, anak tidak ragu untuk berbicara dari hati ke hati kepada Anda sebagai ayahnya. Jangan sampai Anda melewatkan periode yang singkat dan tidak terulang ini. Mulai dari sekarang, maka dalam 10 tahun mendatang ada jutaan momen berharga yang telah anda ciptakan bersama buah hati untuk dikenang bersama.

Related Posts

Lewat Uang Saku, Anak Bisa Belajar Mengatur Uang Sejak Dini

Pada 2017, platform iklan dan konten digital ramah anak TotallyAwesome mengumumkan hasil survei yang dilakukan sejak 201...

Awalnya Sahabat, Akhirnya Menikah dan Lebih Lekat

Bagi Anda yang masih belum menemukan jodoh, tak perlu jauh-jauh mencari. Bisa jadi salah satu teman Anda adalah calon pa...

Nikmati Sensasi Glamping bersama Keluarga di Akhir Tahun

Camping membawa anak di liburan akhir tahun?. Tentunya bisa dengan glamorous camping (glamping). Berbagai kegiatan di al...




« | »
Read previous post:
firework-new-year-s-eve-december-31-fireworks
8 Tradisi Perayaan Tahun Baru Unik yang Harus Anda Coba

"Libur telah tiba, libur telah tiba, hatiku gembira, hore...hore...hore...” lirik lagu Libur Telah Tiba yang dinyanyikan Tasya tersebut mungkin sudah...

Close