Raih Sukses dalam Karier bagi Si Tertutup Introvert

tips karier introvert

Anda mungkin kenal seseorang yang supel dalam bergaul, suka bicara, dan kariernya cepat melesat. Dalam beberapa tahun saja ia sudah menduduki jabatan yang cukup tinggi. Individu ekstrovert seperti ini konon memang lebih cepat dan mudah meraih sukses dalam karier.

Dunia kerja lebih ‘menyukai’ si ekstrovert? Mungkin begitu. Di banyak lingkungan kerja, menjadi introvert sama layaknya seperti menjadi seorang kidal: meski populasi dunia berisi beragam karakter manusia, dunia sepertinya tidak didesain untuk individu yang unik dan berbeda.

Dan untuk sukses di dunia kerja bukanlah hal mudah, terutama bagi si introvert karena dia dituntut untuk mampu beradaptasi dengan baik, cakap bersosialisasi dan berani menyampaikan ide. Buat seorang introvert ini memang bukan perkara mudah, tapi bisa diatasi asalkan Anda tahu triknya.

Ada 3 P yang bisa menjadi jurus ampuh bagi si introvert saat harus ‘tampil’ di lingkungan kerja:

Prepare, prepare, prepare

Tak hanya di tempat kerja, mempersiapkan diri dengan baik pasti akan membawa hasil memuaskan. Misalnya saja, Anda harus melakukan presentasi, pastikan Anda sudah membuat persiapan matang mengenai bahan yang akan dipresentasikan dan juga siapkan mental agar dapat tampil penuh percaya diri. Dengan persiapan yang matang, Anda akan siap saat harus menghadapi pertanyaan atau komentar dari rekan kerja atau atasan.

Practice makes perfect

Nah, bila persiapan sudah Anda lakukan, kini waktunya melatih diri bagaimana cara berbicara atau menyampaikan opini Anda. Gunakan cermin atau bisa juga meminta bantuan sahabat Anda untuk melatih kemampuan berbicara. Perhatikan juga ekspresi wajah dan bahasa tubuh yang akan Anda gunakan nanti.

Push yourself

Berbicara pada sekelompok orang, bahkan hanya pada satu orang yang tidak memiliki relasi yang kuat, dapat menjadi beban berat bagi seorang introvert. Sayangnya, di lingkungan kerja kondisi ini seringkali tidak bisa dihindari. Mau tidak mau Anda harus memaksakan diri untuk sedikit menjadi lebih ekstovert saat diperlukan. Kuncinya, yakinkan diri kalau Anda pasti mampu dan jangan takut gagal.

Baca juga: Sembilan Strategi Agar Mampu Bersaing di Dunia Kerja

Dalam praktiknya, ada beberapa situasi kerja tertentu yang menuntut si introvert agar membuka diri dan mejadi pusat perhatian. Lalu bagaimana cara menghadapinya?

Bekerja dalam tim

Sebagai introvert, Anda lebih merasa nyaman melakukan segalanya sendirian. Namun saat bekerja, lebih sering Anda harus bekerja sama dengan rekan kerja dalam sebuah tim. Beradaptasi dengan dinamika kerja tim memang akan sangat membantu, tapi dilakukan secara terus menerus Anda pasti akan kesulitan sendiri. Jadi, jangan diam saja dan menahan ‘derita’ Anda ini sendirian. Anda bisa mencoba meyakinkan si Boss atau rekan kerja kalau Anda dapat lebih produktif bila bekerja sendirian atau minim interaksi.

Menyampaikan ide dalam rapat

Para introvert biasa menyimpan pendapat mereka untuk diri sendiri. Tapi di dunia kerja, tidak akan ada yang tahu kemampuan Anda bila tidak ditunjukkan. Kuncinya ada pada persiapan sebelum menyampaikan pendapat atau ide Anda. Sebelum Anda menyampaikan ide dalam sebuah rapat, sampaikan dulu ide ini kepada rekan kerja yang Anda percaya. Bila menurut rekan kerja ide Anda tadi cukup bagus, tingkat kepercayaan diri Anda akan meningkat sebelum menyampaikan ide ini di hadapan lebih banyak orang.

Menjalin jejaring (network)

Mendengar kata jejaring atau membangun hubungan dengan orang lain, untuk seorang introvert bisa terdengar seperti sebuah kabar buruk. Tapi setiap masalah bisa diubah menjadi tantangan yang ada solusinya. Kuncinya sekali lagi adalah persiapan diri. Anda dapat menyiapkan pertanyaan dan bahan obrolan. Anda juga bisa memperbarui diri dengan berita terkini untuk nanti digunakan sebagai topik obrolan ringan. Persiapan yang cukup juga akan meningkatkan rasa percaya diri Anda sehingga tak canggung saat berinteraksi dengan orang lain.

Baca juga: Jadi Kandidat Potensial di Dunia Kerja dengan 7 Keahlian Ini

Public speaking

Sebelum tampil di hadapan sekelompok orang, latih bahan presentasi yang akan Anda gunakan. Lakukan berulang-ulang hingga Anda lancar dan tidak terputus-putus menyampaikan apa yang ingin Anda sampaikan. Hindari menghapal kata per kata karena Akan terdengar kaku, sebaiknya cukup ingat poin-poin pentingnya saja.

Apabila Anda seorang introvert dan mungkin masih menyimpan rasa gugup saat berinteraksi atau bersosialisasi dengan rekan kerja atau klien Anda. Hilangkan rasa gugup itu dengan tersenyum, senyum di wajah Anda akan membuat Anda terlihat lebih percaya diri dan gampang didekati di hadapan orang lain. Introvert juga bisa sukses kok dalam karier. Tersenyumlah dan Anda akan makin mencintai pekerjaan Anda!




« | »
Read previous post:
momen bareng bokap
3 Cerita Pemenang 7JamBarengBokap untuk Wujudkan Mimpi Sang Ayah

Momen Bareng Bokap adalah aktivitas yang dilakukan Astra Life untuk menjembatani keinginan anak yang ingin mengapresiasi kasih dan kerja keras...

Close