Kurang-kurangin Dosa Harbolnas, Lakukan Hal Ini Yuk

harbolnas

Di puncak Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2017 yang jatuh tepat pada 1212, kita bisa menikmati beragam diskon dan promo menarik dari 254 e-commerce se-Indonesia. Wow! Anda pasti sudah merasakannya kemarin, bukan?

Tak cuma situs e-commerce, Harbolnas 2017 juga dimeriahkan oleh beberapa perusahaan rekanan dengan promo yang tak kalah seru. Perusahaan rekanan ini misalnya penyedia kartu kredit, operator selular, transportasi online, hingga platform uang elektronik.

Tak bisa dipungkiri, promo dan diskon yang ditawarkan Harbolnas memang menggiurkan. Jika Anda mengincar suatu barang yang memang Anda butuhkan, membelinya saat Harbolnas adalah waktu yang tepat. Karena dengan diskon dan promo, Anda bisa menghemat pengeluaran.

Baca juga: 9 Jurus Jitu Hadapi Serangan Diskon Harbolnas 2016

Tapi jangan sampai euforia Harbolnas bikin kita lupa akan tanggung jawab finansial dan masa depan ya. Karena bagaimanapun, mempersiapkan keuangan di masa mendatang tak kalah penting daripada menikmati keseruan diskon Harbolnas. Apa saja yang perlu kita siapkan agar masa depan tak kalah seru?

1. Proteksi

Kita mungkin memiliki rencana dan impian yang hendak dicapai dalam dua tahun, lima tahun, atau bahkan 10 tahun. Tapi dalam waktu bersamaan, kita tidak tahu apa yang terjadi besok. Agar rencana-rencana tersebut tetap tercapai, kita membutuhkan proteksi yang memungkinkan kita menggapai setiap rencana tanpa perlu khawatir apa yang akan terjadi besok.

Proteksi dasar yang penting dimiliki semua orang ialah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Kedua asuransi ini memungkinkan setiap orang terhindar dari risiko finansial jika terjadi sesuai yang di luar dugaan.

Jika Anda mencari asuransi jiwa dan asuransi kesehatan yang dapat memberikan perlindungan maksimal dengan proses yang mudah dan cepat, Anda bisa melirik asuransi yang ada di ilovelife.co.id dari Astra Life. Di sini kita bisa membeli paket perlindungan jiwa Siap JiwaKu untuk proteksi jiwa dan Siap SehatKu untuk proteksi kesehatan.

Di Siap JiwaKu, Anda bisa memilih fitur tanpa pengembalian premi mulai dari Rp27.000 per bulan dan paket dengan fitur pengembalian premi mulai dari Rp72.000 per bulan. Dengan premi tersebut, nasabah bisa memperoleh manfaat berupa uang pertanggungan (UP) 100% jika meninggal dunia dan UP 200% jika nasabah meninggal dunia akibat kecelakaan. Polis paket Siap JiwaKu dapat dipegang oleh siapa saja yang telah menginjak usia 18 tahun, dengan usia tertanggung mulai dari bayi 6 bulan hingga dewasa usia 60 tahun. Adapun masa pertanggungan ialah 10 tahun dengan perpanjangan otomatis. Oh ya, nasabah bisa menikmati diskon premi hingga 20% jika semakin banyak menambahkan anggota keluarga sebagai tertanggung.

Anda juga bisa melengkapi asuransi jiwa dengan membeli paket Siap Sehatku. Dengan premi terjangkau, Siap SehatKu menawarkan santunan rawat inap hingga Rp600.000 per hari dan pengembalian premi 100%.

Baca juga: 7 Keuntungan Kalau Millennial Punya Asuransi dari Sekarang

2. Jangan lupa melunasi utang

Sebelum kalap berburu barang diskon Harbolnas, bayar dulu utang dan tagihan yang Anda miliki. Dengan demikian, uang yang tersisa ketika Harbolnas, betul-betul merupakan uang lebih yang dapat Anda belanjakan tanpa rasa bersalah.

Menyisihkan sebagian dana untuk membayar utang dan tagihan ini perlu Anda lakukan untuk menghindari masalah di kemudian hari. Mungkin Anda memiliki tagihan yang rutin dibayar setiap bulan seperti listrik dan air. Mungkin juga Anda memiliki tagihan kartu kredit dengan nilai kecil dan tenggat waktu sebulan.

Untuk tagihan dan kredit kecil macam ini, Anda harus segera melunasinya sebelum jatuh tempo. Anda tidak mau kan, bunga cicilan kartu kredit Anda membengkak karena Anda telat membayar tagihan? Atau, listrik dan air di rumah tiba-tiba terputus karena Anda lupa membayar tagihannya?

Membayar cicilan kredit jangka panjang seperti kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB) juga tak kalah penting. Karena jika menunggak, bank bisa menyita aset Anda.

3. Siapkan dana pensiun

Muda sukses, tua bahagia. Semua orang tentu menginginkan hidup berkualitas seperti ini, bukan? Anda pun bisa mewujudkan hari tua yang bahagia dengan mempersiapkan dana pensiun sejak dini. Berapa dana yang harus disiapkan agar masa tua bahagia? Para perencana keuangan memiliki rumus dana pensiun dengan menghitung future value, yakni FV = PV (1+r)^n. FV adalah nilai yang dicari, PV adalah nilai saat ini, r adalah tingkat inflasi,dan n adalah periode waktu mempersiapkan pensiun.

Misalnya, seseorang mempunyai pengeluaran Rp 10 juta per bulan dan akan pensiun 10 tahun lagi. Dengan rata-rata tingkat inflasi 7% per tahun. Maka dana yang diperlukan saat pensiun ialah FV = 10 juta (1 + 0.07)10 = Rp 19.671.513 per bulan.

Nilai ini memang tampak besar. Tapi bukan tidak mungkin untuk dicapai. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menyiapkan dana pensiun. Pertama, bisa dengan menyiapkan investasi di saham atau reksadana. Kedua, dengan mengikuti dana pensiun lembaga keuangan (DPLK). Ketiga, bisa mengikuti asuransi yang memproteksi hari tua. Anda juga bisa memperoleh proteksi hari tua di ilovelife.co.id dengan membeli Siap RencanaKu. Dengan premi mulai Rp 100.000 per bulan, paket Siap RencanaKu menawarkan premi 100% dari jika nasabah meninggal di 2 tahun pertama sejak berlakunya polis, UP 100% jika nasabah meninggal setelah melewati 2 tahun sejak berlakunya polis, serta UP 200% jika nasabaah meninggal akibat kecelakaan. Polis Siap RencanaKu dapat dipegang oleh siapa saja yang telah mencapai usia 18 tahun dengan masa pertanggungan hingga 70 tahun, Adapun masa pembayaran premi hingga nasabah berusia 55 tahun.

4. Ingat selalu investasi

Investasi adalah salah satu cara mengembangkan dana dalam rangka mewujudkan impian kita di masa mendatang. Saat ini, ada beragam investasi yang bisa Anda pilih, mulai dari investasi di deposito, pasar modal, emas, mata uang asing, properti, atau bisnis riil. Di pasar modal, Anda bisa menaruh dana di berbagai produk seperti saham, reksadana, dan obligasi. Sementara untuk investasi properti, bentuknya pun bermacam-macam mulai dari rumah, apartemen, tanah, kos-kosan, atau ruko. Sementara investasi bisnis riil memungkinkan Anda terlibat langsung pada kegiatan usaha.

Apapun investasi yang Anda pilih, ingatlah akan prinsip “don’t put all your eggs in one basket”. Artinya, Anda perlu menaruh dana pada beberapa instrumen investasi untuk meminimalisir risiko. Prinsip dasar lainnya yang patut diingat dalam berinvestasi ialah “High risk, high gain. Low risk, low gain.” Produk yang menawarkan return tinggi memiliki risiko yang tinggi, begitu pula sebaliknya. Pilih yang mana? Hal ini kembali pada profil risiko dan kebutuhan Anda.

5. Kado untuk orang tersayang

Kapan terakhir Anda memberi kado untuk orang tersayang? Memberikan kado merupakan cara yang tepat untuk menunjukkan perhatian dan kasih sayang kita pada orang di sekitar. Kado bisa diberikan pada saat orang yang kita sayang merayakan ulang tahun, ulang tahun pernikahan, perpisahan, menyambut bayi, atau perayaan hari raya.

Nah, saat ini Anda juga bisa memberikan kado berupa proteksi. Di ilovelife.co.id, Anda bisa membeli dan menghadiahkan Kado Love Life kepada orang-orang yang Anda cintai. Kado Love Life ialah asuransi jiwa persembahan Astra Life yang sangat tepat untuk diberikan sebagai hadiah kepada orang-orang yang Anda sayangi. Cukup bayar sekali, Anda akan memperoleh perlindungan lima tahun dengan manfaat asuransi sampai 200 kali.

Baca juga: Kado Love Life, Kado Terbaik untuk Mereka yang Anda Cintai

Dengan menyiapkan lima hal di atas, semoga Anda dapat menyambut Harbolnas dengan antusias namun tetap bertanggung jawab terhadap masa depan Anda. #AyoLoveLife, saatnya menyiapkan masa depan dengan perencanaan keuangan jangka panjang dan asuransi.




« | »
Read previous post:
tips karier introvert
Raih Sukses dalam Karier bagi Si Tertutup Introvert

Anda mungkin kenal seseorang yang supel dalam bergaul, suka bicara, dan kariernya cepat melesat. Dalam beberapa tahun saja ia sudah...

Close