Coworking Space, Tren Bekerja di Era Digital

coworking space jakarta

Perkembangan perusahaan start up dan membaiknya akses internet, terutama di kota-kota besar memungkinkan banyak pekerjaan dilakukan tanpa harus bertatap muka. Kondisi ini kemudian melahirkan tren untuk bekerja di luar kantor, atau tempat yang biasa disebut dengan coworking space. Di tempat ini, para pengunjung yang berasal dari berbagai macam profesi akan memungkinkan mereka saling berinteraksi dan berkolaborasi. Coworking space di Indonesia mulai dikenal sejak November 2010 saat Hackerspace BDG, coworking space pertama berdiri di bandung.

Terbatasnya modal perusahaan startup untuk membangun kantor sendiri membuat mereka lebih memilih untuk bekerja di coworking space. Ruang-ruang kerja yang bisa disewa secara harian, mingguan, bulanan hingga tahunan menjadi keunggulan dari coworking space. Jumlah entrepreneur dan perusahaan startup yang terus meningkat juga mendorong pertumbuhan coworking space yang makin menjamur di kota-kota besar, terutama Jakarta.

Sebuah coworking space tidak hanya sekadar menyediakan tempat bekerja, tapi juga memberi fasilitas yang mendukung produktivitas, serta juga suasana kerja dan desain interior yang membuat Anda nyaman saat bekerja. Bila Anda sedang mempertimbangkan untuk bekerja di coworking space, ada beberapa tempat yang bisa jadi pilihan. WorkOut misalnya, coworking space yang satu ini selain menyediakan tempat bekerja, juga menyediakan fasilitas olahraga, seperti sepeda statis. Beralamat di Kawasan Perkantoran Grand Panglima Polim, WorkOut bisa disewa mulai dari Rp500.000 hingga Rp1.000.000 per bulan.

Baca juga: 10 Karakter Entrepreneur Sukses yang Patut Dicontoh

EV Hive, salah satu penyedia coworking space yang memiliki banyak cabang di Jakarta misalnya, memberi opsi daily pass dari Rp50.000 rupiah hingga private office dengan tarif 4 juta rupiah per bulan. Di daerah Tebet ada Koléga dengan harga sewanya berkisar antara Rp75.000 hingga Rp100.000 untuk selama 3 jam.

Coworking space ini rutin mengadakan seminar dan workshop bersama pemilik startup dan wirausaha. Ada pula coworking space yang sudah memiliki nama, seperti Freeware Spaces di Kemang dan Cre8 yang berlokasi di Cilandak dan Pantai Indah Kapuk. Freeware Spaces menyediakan dua jenis ruangan, Shared Working Stations bagi pengguna yang tidak keberatan bekerja dengan pengguna lain, serta Private Office Space bagi pengguna yang membutuhkan privasi saat bekerja.

Selain ruang kerja yang bervariasi, Cre8 juga menyediakan sejumlah fasilitas, seperti perpustakaan, ruang pertemuan, lounge dan bar. Tersedia juga televisi, proyektor dan minuman gratis.

Saat bekerja di coworking space yang berkesan santai, Anda tetap harus ingat bahwa ada pengguna lain yang menggunakan ruangan yang sama. Karena tempat bekerja digunakan bersama, maka ada beberapa etiket yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Ingat batas meja kerja

Umumnya meja kerja di coworking space memiliki desain panjang, artinya Anda menggunakan meja yang sama dengan pengguna lain. Maka Anda harus tahu batasan meja yang Anda sewa, perhatikan barang bawaan Anda, seperti laptop atau alat tulis agar tidak melewati batasan ini. Jaga juga kerapian meja Anda agar tidak berantakan dan mengganggu kenyamanan pengguna lain.

Baca juga: Mengintip Kiat Sukses 4 Pendiri Bisnis Startup Indonesia

2. Rapi dan bersih

Meski coworking space mengizinkan Anda untuk makan dan minum di meja kerja, Anda tetap harus menjaga kebersihan. Singkirkan bekas makanan dan minuman Anda, jaga pantry selalu bersih dengan membuang sisa makanan ke tempat sampah. Jika Anda menggunakan fasilitas seperti papan tulis, hapus tulisan setelah selesai digunakan.

3. Gunakan fasilitas secukupnya

Fasilitas seperti kertas dan printer biasanya tersedia gratis bagi penyewa coworking space. Gunakan fasilitas ini secukupnya, jangan karena gratis Anda jadi boros kertas dan tinta. Tarif yang Anda bayarkan, tentunya sudah diperhitungkan sedemikian rupa untuk dapat menutupi biaya operasional standar. Jika memang kebutuhan Anda lebih dari yang disediakan dalam paket, ada baiknya menyatakan hal ini kepada pengelola untuk mengetahui kebijakan mereka.

4. Jaga ketenangan

Karena menggunakan ruang bersama-sama, Anda wajib menjaga suasana ruang kerja agar tetap kondusif untuk bekerja. Bila Anda harus menerima telepon, usahakan pergi ke ruangan yang lain agar tidak mengganggu yang lain. Gunakan headset/earphone bila ingin mendengarkan musik sambil bekerja. Juga pastikan nada dering yang Anda pakai bukanlah nada ramai yang dapat menarik perhatian sekitar.

5. Ramah perlu, tapi…

Kerja di coworking space juga jadi cara ampuh untuk tambah networking yang bisa jadi bibit-bibit kolaborasi. Seru, kan? Memang tidak ada salahnya berkenalan dengan orang yang duduk di samping kanan-kiri Anda, namun lakukan hal ini secara sopan dan profesional. Ingat bahwa ini bukan klub atau restoran.

6. Langganan tidak menjadikan Anda sebagai tuan rumah

Anda menyewa tempat secara permanen selama lebih dari 3 bulan dan menganggap diri sebagai pelanggan teladan karena selalu membayar tepat waktu. Good for you… tapi hal ini tidak menjadikan diri Anda sebagai tuan rumah. Artinya, Anda tidak dapat mengatur posisi duduk orang lain. Aturan umum di coworking space adalah siapa cepat, dia dapat. Mereka yang datang lebih dulu, bisa memilih posisi yang masih kosong.

Tidak hanya sebagai tempat bekerja, coworking space juga memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk memperluas networking melalui perkenalan dengan pengguna lain. Beberapa coworking space juga rutin mengadakan seminar dan pelatihan yang bisa diikuti para penyewa ruang. Jadi selain menambah relasi, Anda juga bisa menambah ilmu, di tempat yang sama!

Nah selama membangun usaha dan relasi tersebut, jangan lupa untuk melindungi diri dengan perlindungan yang tepat ya. Dengan Siap RencanaKu dari Astra Life Anda dapat memperoleh perlindungan jiwa dan bonus tahapan tunai yang bisa membantu Anda menjalani usaha Anda, dengan premi mulai Rp100.000 per bulan.

#AyoLoveLife, kembangkan bisnis Anda dengan terus belajar serta menjalin relasi!




« | »
Read previous post:
sekolah coding jakarta
Yuk, Ajak si Kecil Ikut Kelas Coding di 4 Tempat Ini

Di era digital seperti sekarang ini, gadget sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Perangkat elektronik seperti smartphone, komputer tablet, atau laptop lazim...

Close