Begini Cara Menjaga Tubuh Tetap Bugar dan Bersemangat Selama Berpuasa

Banyak yang mengira kegiatan berpuasa akan membuat tubuh lemas, tak bertenaga, dan tak bersemangat. Nyatanya, para ahli mengatakan bahwa berpuasa, jika dilakukan secara benar, justru memberikan segudang manfaat bagi kesehatan fisik maupun mental. Bahkan, ibu hamil dan menyusui pun, bila kondisinya benar-benar sehat, juga dapat berpuasa seperti orang kebanyakan. Berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan:

  • Memperbaiki kadar lemak dalam darah
  • Menurunkan berat badan
  • Membuat pola makan menjadi teratur

Anda tetap bisa berkegiatan seperti biasa selama berpuasa. Dengan catatan, Anda menjalankan puasa secara benar sehingga tubuh tetap bugar selama berkegiatan. Berikut tips berpuasa yang patut dicoba.

1) Perbanyak konsumsi protein

Saat sahur maupun ketika berbuka puasa, pastikan Anda mengonsumsi makanan tinggi protein. Asupan kaya protein akan menjaga tubuh tetap bertenaga dan tidak mudah lapar. Sebaliknya, kurangi asupan karbohidrat sederhana seperti roti, biskuit, mie, pasta, dan minuman bersoda, karena akan dicerna secara cepat oleh tubuh dan bisa memicu naiknya kadar gula darah.

Untuk menambah sumber energi, Anda dapat menambahkan asupan karbohidrat kompleks dalam menu sahur. Contoh makanan jenis karbohidrat kompleks adalah buah-buahan, sayuran, pasta gandum, roti gandum, kentang, kacang-kacangan, dan beras merah. Karbohidrat kompleks memiliki kandungan serat tinggi dan akan dicerna secara bertahap oleh tubuh. Akibatnya, kadar gula darah tubuh tidak akan melonjak.

2) Hindari konsumsi asupan yang dapat mengganggu pencernaan

Contoh makanan yang dapat mengganggu pencernaan: makanan pedas, makanan yang digoreng, makanan dan minuman berkadar gula tinggi, serta camilan berkalori tinggi seperti cake dan cokelat. Hindari porsi besar saat berbuka dan jangan langsung berbuka dengan makanan manis dan minuman dingin. Kurangi pula konsumsi garam dan penyedap makanan. Pada malam hari, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi camilan dengan berkalori rendah, seperti kurma, buah-buahan, atau kacang almond.

3) Minum cukup air putih

Sehari-hari, tubuh membutuhkan asupan cairan sebanyak 2 liter atau kurang lebih 8 gelas agar terhindar dari dehidrasi. Kebutuhan ini tetap sama saat Anda sedang berpuasa. Untuk memenuhinya, pastikan Anda mengonsumsi lebih banyak air putih dibandingkan cairan jenis lain. Anda dapat memenuhi kebutuhan cairan dengan mempraktikkan pola 2-4-2. Minumlah 2 gelas air putih saat berbuka, lalu 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur, dan minimal 2 gelas saat sahur. Hindari konsumsi teh dan kopi saat sahur.

4) Tetap berolahraga

Menjalankan rutinitas olahraga secara rutin sebaiknya tidak dihentikan, meski berpuasa. Aktivitas olahraga sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh, melancarkan aliran darah, dan menjaga berat badan. Namun, Anda perlu memilih jenis olahraga yang ringan agar tubuh tidak kelelahan atau bahkan dehidrasi. Jenis olahraga yang aman dilakukan pada waktu berpuasa adalah jalan kaki, bersepeda, dan gerakan yoga ringan. Waktu berolahraga pun tak perlu terlalu lama, cukup 20-30 menit saja. Sebaiknya hindari aktifitas fisik setelah dzuhur. Anda dapat berolahraga 60-90 menit setelah berbuka puasa dan dianjurkan untuk makan kembali setelah berolahraga.

5) Tidur cukup

Tingkat kebugaran tubuh turut dipengaruhi oleh pola dan waktu tidur. Oleh karena itu, pastikan waktu tidur Anda sehari-hari cukup sesuai kebutuhan—kurang lebih 8 jam per hari. Hindari begadang karena akan membuat Anda lemas keesokan harinya.

6) Perbanyak ibadah

Banyak studi menyebutkan, beribadah dapat membuat kondisi psikis menjadi lebih sehat dan positif. Bulan Ramadan merupakan salah satu kesempatan bagi Anda untuk memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karena itu, manfaatkan momen ini dengan memperbanyak ibadah seperti mengaji, bersedekah, salat Tarawih, dan lain sebagainya. Tindakan ini akan membuat hati menjadi lebih damai, dan Anda dapat tetap menjalankan puasa dengan tenang.

Nah, kini Anda pun mengetahui bahwa ternyata berpuasa bukanlah kendala untuk tetap aktif dalam menjalankan rutinitas sehari-hari dan meraih prestasi. Praktikkan tips-tips di atas, dan #AyoLoveLife dengan tetap bugar dan bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa. Anda juga bisa menemukan inspirasi lain terkait bulan penuh berkah ini dengan menengok artikel Memperkaya Iman dalam Wisata Religi di Bulan Puasa dan 5 Langkah Detoks Pikiran Saat Puasa Agar Bersih Lahir dan Batin.




« |
Read previous post:
Generasi Sandwich
Tantangan untuk Generasi Sandwich, Melakukan Perencanaan Keuangan yang Baik antara Orangtua, Keluarga, dan Diri Sendiri

Generasi sandwich merupakan sebutan bagi mereka yang merupakan breadwinner atau tumpuan hidup bagi generasi di bawah yakni anak, dan generasi di atas yakni orangtua....

Close