Siapkan Second Pocket di Kala Harga Naik

kerjasambilan1

Pernahkan Anda mengalami masalah keuangan karena gaji tidak cukup atau harga barang yang selalu menanjak naik? Tenang Anda tidak sendirian. Banyak orang yang juga mengalami masalah seperti Anda.

Sebenarnya masalah gaji yang kecil atau harga barang yang naik bukan persoalan baru. Salah satu solusi yang biasa dilakukan adalah menyiapkan second pocket, alias pendapatan tambahan untuk dompet Anda.

Mungkin solusi ini terkesan aneh dan tidak masuk akal. Terutama buat Anda yang bekerja dan menghabiskan waktu di kantor. Kerja tambahan? Mana mungkin?

Kenapa tidak? Di zaman teknologi canggih seperti sekarang ini, mencari kerja sampingan adalah hal yang mungkin dilakukan meskipun Anda bekerja full-time di kantor. Selain hasilnya lumayan, Anda tidak perlu khawatir pekerjaan akan terganggu.

Berikut ini beberapa alternatif pekerjaan yang bisa mendatangkan penghasilan tambahan selain gaji di kantor:

1. Jualan Lewat Online Shop

Bisnis toko online atau online shop saat ini lagi menjamur. Belanja secara online lebih mudah dan efisien karena pembeli tidak perlu menghabiskan waktu bermacet-macetan hanya untuk membeli suatu barang. Sekali klik, bereslah semua dan Anda tinggal menunggu pesanan barang tiba.

Kalau Anda kebetulan punya bakat dagang, kenapa tidak menyalurkan skill tersebut dengan berdagang suatu barang secara online? Anda bisa menawarkan produk lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

Pekerjaan ini bahkan tidak akan menguras tenaga, karena Anda hanya butuh sambungan internet nan stabil dan juga produk yang akan dijual.

Namun sebelum terjun ke bisnis ini, Anda harus memastikan barang yang dijual itu menarik dan dibutuhkan orang. Teliti terlebih dahulu target pasar Anda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

2. Multi Level Marketing (MLM)

Bisnis MLM saat ini memang sudah tak se-boooming beberapa tahun lalu. Namun pangsa pasarnya masih tetap ada dan penghasilan yang diberikan juga cukup lumayan, asal Anda aktif.

Sebagai pekerja kantoran, bisnis ini bisa menguntungkan karena jaringan Anda yang cukup luas. Anda bisa menjadikan teman kantor sebagai target konsumen. Jika gigih dan berhasil menjual banyak produk, pendapatan yang Anda peroleh akan lumayan besar. Belum lagi jejeran bonus termasuk liburan ke luar negeri secara cuma-cuma.

3. Agen Asuransi

Banyak masyarakat kalangan menengah ke atas yang sudah sadar pentingnya asuransi kesehatan. Tak heran profesi sebagai agen asuransi sangat dibutuhkan banyak perusahaan asuransi. Ini akan menguntungkan Anda karena bisa bekerja sebagai freelancer.

Pekerjaan ini cocok untuk Anda yang pintar bicara dan bisa meyakinkan orang. Selain mendapatkan penghasilan lumayan dari setiap rekrutmen yang dilakukan, Anda juga bisa mendapatkan bonus tambahan. Anda bisa menjadikan rekan kerja, tetangga, teman arisan, atau kawan kuliah sebagai prospek yang bisa direkrut. Biasanya kedekatan dengan agen asuransi juga menjadi daya tarik seseorang mau memilih asuransi tertentu.

4. Menulis

Anda punya bakat menulis atau senang menulis? Atau kebetulan bekerja sebagai wartawan di sebuah media? Nah, saat ini banyak sekali start-up atau perusahaan online yang membutuhkan penulis konten. Anda bisa melamar menjadi penulis freelance dan bekerja di rumah di saat luang.

Biasanya penulis freelance ini bisa menghasilkan penghasilan yang lumayan loh. Hitung-hitung makin melatih keahlian menulis, Anda juga bisa bekerja dengan keahlian yang tidak jauh dari pekerjaan tetap.

5. Menjadi Guru Les

Jika Anda suka anak-anak dan ahli dalam satu pelajaran tertentu, misalnya bahasa Inggris, matematika, atau mengaji, manfaatkanlah kemampuan itu sebagai bisnis sampingan di sela kesibukan di kantor. Anda bisa menjadi guru les pribadi di akhir pekan. Pekerjaan yang satu ini punya waktu yang cukup fleksible dan Anda tidak perlu khawatir pekerjaan inti terganggu.

6. Jual Pulsa

Bisnis lainnya yang bisa Anda jalankan adalah jual beli pulsa dan token listrik. Bisnis yang satu ini tidak akan pernah mati karena kebutuhan orang tidak jauh dari ponsel dan smartphone, sehingga kebutuhan akan pulsa juga tidak akan pernah hilang.

Anda bisa menjadikan rekan sekantor atau saudara sebagai calon pembeli. Tetapi ingat, jangan sampai Anda memperbolehkan mereka berutang, karena akan membuat bisnis tersebut tidak maju.

Mencari dana tambahan dis ela-sela pekerjaan tetap memang harus dilakukan jika pendapatan yang Anda peroleh kurang. Ibaratnya Anda mendapatkan mata pencarian alternatif yang bisa memenuhi kebutuhan. Meskipun demikian, Anda kudu cermat dan cerdas memilih pekerjaan jenis apa yang paling cocok.

Baca juga: Ragam Solusi untuk Dapatkan Modal Usaha Rumahan

Related Posts

Lima Keuntungan yang Bisa Diraih Saat Krisis Moneter

Krisis moneter mungkin hal yang paling menakutkan bagi banyak orang. Terutama bila mengingat pengalaman tahun 1998, saat...




« | »
Read previous post:
Undang
Dari Juru Parkir, Undang Dirikan Sekolah Gratis

Materi bukan kendala bagi Undang Suryaman untuk mewujudkan impiannya. Meski hanya berprofesi sebagai juru parkir, pria berusia 39 tahun ini...

Close