Liburan Setiap Tahun Tanpa Keluhan Dana? Simak Enam Tips Ini

danaliburan2

Bicara soal liburan, Anda pasti membayangkan bersantai di pinggir pantai atau ke pegunungan dengan pemandangan indah. Hidup begitu rileks karena jauh dari omelan bos dan juga rutinitas pekerjaan yang sering otak jadi cekat cekot. Liburan memang direkomendasikan untuk Anda yang kebetulan sudah lelah bekerja dan ingin istirahat. Biasanya seseorang itu butuh liburan minimal setahun sekali untuk melepas segala kepenatan sehingga kembali bekerja dengan kondisi lebih segar.

Sayangnya tidak semua orang bisa berlibur. Masalah utama biasanya soal dana berlibur yang tak tersedia. Kondisi keuangan yang pas-pasan membuat orang sulit mengalokasikan dana untuk urusan yang satu ini. Maklum, masih banyak kebutuhan yang lebih prioritas, misalnya tabungan anak, melunasi asuransi kesehatan, atau pun iuran pensiun.

Tenang, Anda tidak perlu risau karena sebenarnya Anda bisa menyiapkan dana liburan tahunan tanpa merasa bersalah. Cukup dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

1. Sisihkan Dana dari Anggaran Rutin

Normalnya Anda bisa menyisihkan 5 persen hingga 15 persen dari pendapatan bulanan dan disimpan di rekening terpisah yang sulit Anda utak-atik. Kalau disiplin, Anda pasti mendapatkan dana untuk liburan tahunan tanpa harus terasa berat atau menganggu pos pengeluaran lainnya seperti tabungan atau investasi.

Oh ya alokasi dana tersebut haruslah dilakukan setelah Anda menutup pos-pos kebutuhan utama seperti dana operasional, dana darurat dan lain-lain.

Kalau ternyata Anda masih memiliki hutang, baiknya masalah hutang itu diselesaikan terlebih dahulu sebelum mengumpulkan dana untuk berlibur.

2. Gunakan Bonus atau Tunjangan Hari Raya (THR)

Kalau Anda kebetulan mendapatkan bonus atau THR dari kantor, disarankan sebagian atau minimal 30 persen dari dana bonus atau THR dialokasikan untuk menambah dana liburan.

Pemasukan tidak terduga seperti ini akan lebih cepat membuat simpanan Anda cepat gendut dan liburan bisa dilakukan secepatnya.

3. Lakukan Investasi

Investasi jangka pendek bisa jadi strategi untuk mengumpulkan dana liburan. Tidak punya pengalaman investasi? Tenang, Anda bisa menggunakan investasi jenis reksadana. Perlu diketahui kalau reksadana sangat cocok untuk investor yang belum begitu berpengalaman karena risikonya yang lebih rendah dibanding jenis investasi lainnya. Keuntungan lainnya? Anda tidak perlu capek-capek mengurus investasi itu karena ada manager investasi yang akan melakukannya untuk Anda.

Investasi yang direkomendasikan adalah reksadana pasar saham dengan jangka waktu satu tahun atau reksadana pendapatan tetap dengan jangka waktu 1-5 tahun, bila Anda ingin mendapat keuntungan lebih besar dengan menunda liburan hingga dua tahun ke depan.

4. Cari Pekerjaan Sambilan

Saat ini banyak pekerjaan yang bisa dilakukan oleh Anda dengan mengunakan fasilitas internet seperti berjualan secara online atau memberikan jasa konsultasi yang sesuai dengan bidang pekerjaan Anda. Penghasilan yang didapat secara iseng-iseng ini bisa menambah dana simpanan untuk liburan.

5. Berhemat Lebih Banyak

Daripada uangnya dipakai untuk ngopi di café setiap minggu atau makan di restoran mewah, lebih baik disimpan untuk menambah tabungan dana berlibur. Memang banyak orang yang mengaku tidak punya uang untuk berlibur bukan karena gajinya kecil, tetapi karena pengaturan keuangannya memang payah. Dengan berhemat lebih banyak, maka secara otomatis makin banyak uang yang bisa disimpan.

6. Jangan Gunakan Kartu Kredit

Jangan pernah berpikir untuk mengunakan kartu kredit untuk membiayai liburan karena itu sama saja bunuh diri. Mungkin saat berlibur Anda akan bersenang-senang, tetapi ketika Anda pulang, setumpuk tagihan akan datang dan bisa membahayakan cash-flow keuangan.

Yang pasti mengumpulkan dana untuk liburan bukanlah hal yang mudah tetapi masih mungkin dilakukan. Pada dasarnya yang harus Anda lakukan adalah cerdas mengatur uang dan lebih berhemat. Motivasilah diri Anda bahwa dengan berbuat demikian Anda bisa bersantai menikmati hari di lokasi liburan yang jauh dari rutinitas dan pekerjaan.

 

Baca juga: 6 Tips untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan Sambil Bekerja




« | »
Read previous post:
modal_rumahan1
Ragam Solusi untuk Dapatkan Modal Usaha Rumahan

Saat ini banyak orang yang mulai banting stir untuk bekerja di rumah ketimbang kantoran. Selain dianggap lebih menyenangkan karena tidak...

Close