Arisan vs Asuransi: Mana Lebih Menguntungkan?

arisan

Kalau mendengar kata ‘arisan’, mungkin Anda langsung terbayang pada sekumpulan ibu rumah tangga yang asyik berbincang-bincang sambil minum teh dan makan camilan di ruang tamu. Dalam perkembangannya kini, arisan tak lagi identik dengan ibu rumah tangga, tapi menjadi tradisi di semua kalangan, baik masyarakat kelas bawah, menengah, maupun atas.

Di kota-kota besar, arisan biasanya tak melulu diadakan di lingkungan perumahan. Sudah menjadi hal yang wajar bila arisan diadakan di kantor, rumah makan, kafe, dan pusat perbelanjaan. Bisa dibilang arisan telah menjadi semacam gaya hidup di Indonesia. Yang membedakan arisan satu dengan lainnya hanya besaran nilai yang diterima.

Biasanya, pada sebuah arisan, para anggotanya diwajibkan untuk membayar iuran dalam jumlah dan periode yang telah ditentukan bersama-sama. Nah, di setiap pertemuan arisan akan diadakan undian atau biasa disebut ‘kocokan arisan’ untuk menentukan siapa yang mendapat giliran menjadi pemenang dan mendapat hasil iuran arisan. Begitu seterusnya, hingga semua anggota arisan memperoleh haknya.

Inilah mengapa arisan seringkali dianggap menjadi kegiatan menabung yang menyenangkan. Karena, selain sebagai ajang ngumpul-ngumpul dan menjalin relasi baru, arisan ampuh dalam ‘memaksa’ Anda untuk menabung secara konsisten. Tentunya, ini merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi Anda yang sulit menabung sehingga dapat membiasakan Anda untuk terus menabung.

Untung-Rugi Arisan

Selain dalam bentuk uang tunai, kini ada pula arisan berupa logam mulia, seperti emas. Nilai iurannya bisa ditentukan dengan sejumlah uang atau jumlah gram emas. Kalau ditentukan dengan jumlah uang, jumlah gram emas yang didapat tiap anggota arisan belum tentu sama, sebab harga emas fluktuatif. Anda akan lebih beruntung bila mendapat arisan saat harga emas sedang turun, karena mendapatkan jumlah gram yang lebih banyak.

Anda juga dapat memanfaatkan arisan sebagai sarana untuk memperkenalkan bisnis yang sedang Anda tekuni. Jangan segan-segan datang ke arisan dengan membawa produk dagangan Anda atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Siapa tahu salah satu teman arisan Anda bisa menjadi klien baru Anda. Namun, pastikan hal ini tak mengganggu jalannya arisan dan hubungan pertemanan Anda, ya.

Bila arisan yang Anda ikuti berbentuk uang tunai dan nama Anda keluar di periode awal arisan, berarti Anda berkesempatan mendapatkan pengembangan dana dari uang arisan tersebut. Karena, seperti mendapatkan pinjaman tanpa bunga, uang arisan dapat bermanfaat misalnya sebagai modal usaha tanpa harus meminjam di bank atau menggunakan kartu kredit dengan bunga yang besar.

Bisa juga Anda menyetorkan uang arisan tersebut ke deposito, sehingga Anda mendapatkan keuntungan dari bunga deposito. Seterusnya, Anda tinggal membayar kewajiban iuran arisan yang sama tiap waktunya dengan bebas bunga. Wow!

Namun, ketika nama Anda muncul di ‘kocokan arisan’ dan berhak atas akumulasi setoran seluruh anggota arisan, nilai uang yang Anda dapatkan tak akan bertambah. Pasalnya, dalam arisan tidak ada sistem penghitungan bunga, seperti tabungan deposito atau tabungan berjangka lainnya, sehingga tak ada hasil keuntungan berupa pengembangan dana. Itulah sebabnya, arisan tak dapat disebut sebagai investasi.

Terbiasa Menyisihkan Uang

Ketika Anda telah terbiasa mengikuti arisan, lama-kelamaan Anda juga akan terbiasa untuk menyisihkan uang setiap bulan, terutama setelah mendapat gaji bulanan. Bila sudah begini, akan lebih baik lagi kalau Anda menyisihkan uang pada kegiatan yang lebih bermanfaat. Misalnya, dengan mengikuti asuransi yang memiliki nilai investasi, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan daripada sekadar arisan. Apalagi jika pembayarannya dapat dilakukan bulanan. Anda dapat berinvestasi sekaligus memperoleh asuransi.

Belakangan ini, asuransi investasi memang ramai dibicarakan berbagai kalangan. Asuransi dan investasi yang digabung menjadi satu terkesan lebih praktis. Hanya dengan sekali pembayaran, Anda sudah memiliki asuransi dan investasi sekaligus. Produk asuransi yang sepaket dengan investasi ini disebut Unit Link. Pihak asuransi biasanya memberikan asuransi dalam berbagai bentuk, contohnya penggabungan dari asuransi jiwa terbaik dan investasi terbaik. Anda dapat memberikan perlindungan diri dan keluarga sekaligus membuat perencanaan keuangan keluarga.

Dalam perencanaan keuangan, investasi dan proteksi merupakan dua hal yang wajib Anda miliki. Asuransi dapat melindungi Anda dari sejumlah risiko, seperti meninggal dunia, cacat tetap, dan sakit. Sementara investasi diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan, contohnya dana pendidikan dan dana pensiun.

Tujuan keuangan akan sulit dicapai bila hanya mengandalkan tabungan. Nah, bila pencari nafkah utama sakit, cacat, atau meninggal dunia, investasi bisa terhenti. Pendidikan anak bisa terganggu. Masa tua bisa terganggu kenyamanannya akibat tak memiliki dana pensiun. Maka, dibutuhkanlah proteksi, agar investasi dapat terus berjalan walaupun pencari nafkah utama mengalami musibah, semisal sakit, cacat, atau meninggal dunia.

Asuransi yang Semudah Arisan

Dalam perencanaan keuangan, Asuransi merupakan hal yang wajib dimiliki sebelum Anda memikirkan untuk berinvestasi. Asuransi dapat melindungi Anda dari sejumlah risiko, seperti meninggal dunia, cacat tetap, dan sakit. Sehingga dana tabungan atau pun Investasi Anda tidak akan terganggu apabila terjadi risiko tersebut pada diri Anda, dengan demikian impian keluarga atau tujuan keuangan yang telah Anda tetapkan tidak akan terganggu.

Fleksibilitas Unit Link membuat Anda bisa menyisihkan dana secara berkala baik secara tahunan maupun bulanan seperti arisan, di mana untuk pembayaran premi yang besarannya juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Program AVA iFuture dari Astra Life, akan dapat memberikan manfaat perlindungan diri dan pengembangan investasi yang optimal dengan berbagai asuransi tambahan yang dapat memperluas manfaat asuransi dasar Anda. Bagi Anda yang memiliki horizon investasi jangka panjang, program ini akan memberikan bonus loyalitas sebesar 25% dari premi dasar berkala Anda, yaitu pada akhir tahun ke-10 dan ke-15.

Kemudahan lain dalam program ini adalah memungkinkan Anda untuk berinvestasi tanpa harus memikirkan cara mengelola investasi karena semuanya sudah dikelola oleh manager investasi yang terpercaya.

Jadi, sudah memutuskan akan menerima tawaran arisan di grup lainnya atau memilih untuk memiliki asuransi? Apapun keputusannya, semoga Anda bisa memilih dengan bijak, ya!

Baca juga: Kapankah Waktu yang Tepat untuk Mulai Berasuransi? Sekarang!




« | »
Read previous post:
woman under an umbrella
Tiga Perlindungan Asuransi Kesehatan yang Wajib Dimiliki Perempuan

Apakah Anda telah memiliki perlindungan asuransi kesehatan? Sudahkah asuransi tersebut memenuhi kebutuhan Anda? Walaupun sebagian besar masyarakat sudah mengetahui manfaat...

Close