9 Jurus Jitu Hadapi Serangan Diskon Harbolnas 2016

38972974 - girl sitting on the sofa and makes online shopping on a tablet

Seperti biasa, menjelang akhir tahun berbagai situs e-commerce ramai-ramai merayakan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas dengan menggelar promo menarik. Harbolnas diadakan setiap tanggal 12 Desember. Anda bisa mengecek hashtag #1212 untuk mengetahui situs e-commerce yang mengadakan promo pada hari tersebut. Meski dimulai pada tanggal 12 Desember, biasanya promo ini berlangsung sampai akhir tahun. Nah, agar dapat memperoleh harga terbaik tanpa membuat kantong bolong, ada beberapa tips menarik yang patut dicoba.

1. Pilih marketplace dan situs e-commerce yang kredibel

Ada dua macam situs belanja online, yakni marketplace dan e-commerce. Seperti namanya, marketplace merupakan tempat penjual dan pembeli bertemu dan bertransaksi. Di situs ini, semua orang dapat menawarkan barang dagangan kepada pembeli. Jadi, pemilik situs hanya berperan sebagai operator atau penyedia tempat bertransaksi. Sementara e-commerce, merupakan perusahaan ritel yang menjual barang dagangannya secara online. Jadi, di situs e-commerce hanya ada satu penjual yang menawarkan barang kepada pembeli.

Perkembangan marketplace di Indonesia memang sangat pesat. Menurut temuan eMarketer, pasar e-commerce B2C (business-to-consumer) Indonesia mengalami pertumbuhan terbesar di Asia Pasifik hingga 2017. Harbolnas tak hanya diikuti oleh e-commerce dan marketplace yang sudah memiliki nama, tetapi juga situs dagang berskala kecil yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. Sebaiknya, berbelanjalah di situs dagang yang memiliki reputasi baik. Jangan gelap mata hanya karena diskon besar yang ditawarkan situs tertentu. Teliti reputasinya sebelum Anda melakukan transaksi.

Baca juga: Mengintip Kiat Sukses 4 Pendiri Bisnis Startup di Indonesia

Pada situs marketplace, kita harus mengecek reputasi toko yang menjual barang dengan melihat ulasan dari pembeli lainnya pada kolom diskusi produk. Kita juga bisa melihat bintang yang diberikan oleh para pembeli, semakin banyak bintang artinya tingkat kepuasan pembeli akan barang yang dijual toko juga tinggi. Indikasi lainnya juga bisa dilihat dari jumlah barang yang dijual di marketplace tersebut. Semakin banyak barang yang terjual, berarti semakin banyak pembeli yang percaya terhadap toko tersebut.

Selain mengecek reputasi toko, kita juga harus mengecek status barang yang dijual, apakah baru atau bekas, begitu pula dengan jenis garansi yang ditawarkan. Ada yang menawarkan harga miring, ternyata barang tersebut bekas atau tidak bergaransi. Ada pula yang menawarkan harga mirip-mirip, namun tidak semuanya menawarkan garansi resmi, melainkan hanya menyediakan garansi toko. Intinya, teliti sebelum membeli, ya!

2. Cari tahu promo Harbolnas dari beberapa situs dagang

Tahun ini, Harbolnas digelar pada tanggal cantik, yakni 1111 alias 11 November 2016 dan 1212 alias 12 Desember 2016. Namun, masing-masing situs e-commerce dan marketplace menetapkan periode masing-masing untuk menggelar pesta diskon dan promo Harbolnas. Ada yang sudah menggelar Harbolnas sejak November lalu. Ada pula yang akan menggelar Harbolnas Desember nanti hingga penghujung tahun.

Baca juga: Tips dan Trik Belanja dengan Siasat Diskon

Ada baiknya incar beberapa e-commerce langganan dan ketahui program diskon yang akan mereka selenggarakan. Belajar dari Harbolnas tahun lalu, perang diskon antar e-commerce ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapat diskon sebesar-besarnya. Sebuah situs marketplace misalnya memberikan diskon double-plus yang membuat total diskon produk hampir mencapai 90%. Gila, kan? Ada juga situs dagang yang menyediakan fitur pengingat yang akan mengirimkan info promo Harbolnas tersebut ke email Anda, sebelum promo tersebut dijalankan.

3. Manfaatkan chat box dengan customer service

harbolnas

Jika Anda melihat ada chat box di situs e-commerce yang Anda kunjungi, jangan buru-buru menutupnya. Anda bisa menanyakan langsung promo apa yang berlangsung saat ini dan bahkan menanyakan apakah tersedia kode diskon tambahan bagi Anda. Jadi, Anda dapat menikmati potongan harga berkali lipat bukan?

4. Manfaatkan fasilitas ongkir gratis

Jangan lupa memanfaatkan fasilitas ongkos kirim gratis untuk memperoleh harga barang terbaik. Biasanya, beberapa situs e-commerce memberikan fasilitas ongkir gratis dengan minimal pembelanjaan tertentu. Jadi, jika Anda memiliki daftar barang apa saja yang Anda incar, akan lebih baik jika membelinya di satu tempat ketimbang di beberapa tempat.

5. Manfaatkan fasilitas pengembalian barang dan uang

Anda dapat memprioritaskan berbelanja di situs e-commerce yang menyediakan fasilitas pengembalian barang dan uang kembali. Dengan fasilitas ini, Anda dapat leluasa membeli dua barang yang sama namun berbeda ukuran. Setelah barang di tangan, Anda dapat mengukur apakah barang tersebut sudah sesuai dengan ukuran yang Anda mau atau tidak. Jika tidak, Anda dapat mengembalikan barang yang tidak sesuai tersebut dan uang pun kembali. Hemat bukan?

6. Minta dikabari ketika ada diskon dan promo tambahan

Tips ini berlaku jika Anda menemukan barang yang cocok, tapi ternyata tidak diskon pada saat Harbolnas. Anda bisa menaruh barang tadi di daftar barang favorit pada akun Anda. Kemudian, pilihlah opsi yang memungkinkan Anda dikabari jika situs memberikan diskon atau promo tambahan akan barang favorit tersebut. Jika Anda khawatir email Anda penuh dengan spam, Anda bisa membuat satu akun khusus untuk menampung email seputar promo dan diskon situs online.

7. Bandingkan harga dengan beberapa kriteria

Harga barang yang dijual online sekilas tampak serupa. Namun, untuk menentukan harga suatu barang di suatu situs adalah yang termurah dibandingkan dengan barang yang sama di situs lain, kita perlu memperhitungkan beberapa hal seperti gratis ongkos kirim, promo cashback, kode diskon tambahan, dan promo kartu kredit. Bisa jadi, suatu barang yang tampaknya lebih mahal dari harga pasaran, justru lebih murah ketika ditambah berbagai promo.

8. Fokus pada daftar belanja Anda

Biasanya, kalau sedang asyik melihat barang-barang diskon, kita jadi tergiur pada barang yang sebetulnya tidak perlu, namun didiskon besar-besaran. Agar dompet kita tetap aman terkendali, fokuslah pada barang yang kita cari dan mengabaikan barang-barang yang memang bukan tujuan kita. Karena, jika kita membeli barang yang bukan prioritas, kita bukannya berhemat, justru lebih boros dari biasanya.

9. Boleh beli barang murah, tapi bukan murahan

Salah satu keuntungan belanja barang diskon ialah, kita bisa menikmati produk berkualitas dengan harga miring. Jika barang berkualitas ini sudah dijual dengan harga promo, sebaiknya jangan tergiur membeli produk dengan kualitas murahan. Sebab, produk yang kualitasnya kurang bagus bisa jadi rusak lebih cepat sehingga kita harus belanja produk baru lagi di kemudian hari yang pada akhirnya mengakibatkan pengeluaran kita lebih banyak.

Bagaimana, siap berburu barang online di akhir tahun? #AyoLoveLife dengan berbelanja pintar saat Harbolnas. Selamat berbelanja!




« | »
Read previous post:
25787989 - young woman sipping her coffee and reading book in sitting room at home
Me Time Bawa Segudang Manfaat untuk Ibu dan Keluarga

“Karena pada dasarnya bisa menjahit dan senang membuat prakarya. Jadi begitu anak sekolah aku bisa jahit atau bikin sesuatu,” kata...

Close