• Love Life
Program Pencatatan 1,500 Akta Kelahiran Anak Rentan di DKI Jakarta, Penyerahan Akte Kelahiran bersama Menteri Sosial

Program Pencatatan 1,500 Akta Kelahiran Anak Rentan di DKI Jakarta, Penyerahan Akte Kelahiran bersama Menteri Sosial


Jakarta – Plan Indonesia kembali menyerahkan akta kelahiran kepada beberapa anak rentan DKI Jakarta pada 19 Mei 2016 di kawasan Semper, Jakarta Utara. Bedanya, kali ini penyerahan menjadi spesial dengan kehadiran Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa yang menyerahkan secara langsung akte kelahiran kepada 10 anak rentan.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan bahwa akte kelahiran ini menjadi penting untuk anak-anak mendapatkan haknya dari Negara, sehingga bisa menggapai mimpi yang dimiliki. “Semoga dengan adanya program seperti ini, banyak anak-anak yang terjaring untuk mendapatkan akte kelahiran sehingga bisa bersekolah dan mendapatkan jaminan kesehatan,” lanjut Khofifah.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program yang dilakukan Plan Indonesia didukung oleh Aviva UK bekerja sama dengan Kemendagri, Kemensos dan Bappenas dalam program ‘Pencatatan 1.500 Akta Kelahiran Anak Rentan di DKI Jakarta’. Program ini merupakan lanjutan dari program serupa yang telah dilaksanakan oleh Plan Indonesia dengan Aviva UK sejak tahun 2012.

Country Director Plan Indonesia Ming Ming mengatakan bahwa penyerahan akta kelahiran ini juga memperlihatkan keterkaitan kuat dengan program yang sedang dijalankan oleh Kementerian Sosial yaitu program ‘Menuju Indonesia Bebas Anak Jalanan Tahun 2017’. “Karena dengan adanya akta kelahiran, maka akses anak jalanan untuk kembali ke sekolah semakin terbuka. Salah satu penghalang anak jalanan tidak bisa bersekolah adalah karena mereka tidak punya akta kelahiran, yang menjadi dokumen persyaratan untuk mendaftar ke sekolah,” lanjut Ming Ming.

Di Indonesia, belum lama ini Menteri Dalam Negeri menyampaikan bahwa sekitar 70% masyarakat Indonesia masih belum memiliki akta kelahiran. Sedangkan di Jakarta, ada lebih dari 5,000 anak jalanan (rentan) yang belum memiliki catatan sipil tersebut.

Pada kesempatan terpisah, Presiden Direktur PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life) Auddie A Wiranata mewakili Aviva UK di Indonesia menyatakan bahwa dengan penyerahan secara simbolis bersama Menteri Sosial menandakan bahwa akta kelahiran untuk anak-anak rentan sudah mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. “Kedepannya, semoga tidak ada lagi cerita anak-anak rentan yang mencari uang di jalanan, semoga mereka bisa bersekolah dan mendapatkan fasilitas kesehatan yang layak sehingga bisa fokus untuk mewujudkan mimpi apapu yang dimiliki,” lanjut Auddie.

Baik Plan maupun Aviva percaya bahwa nantinya usaha mulia ini bisa membantu anak-anak jalanan di Indonesia untuk berani bermimpi dan mewujudkannya sehingga bisa mencintai hidup dengan masa depan yang lebih baik.

Khofifah Bersama 10 Anak Penerima Akte Kelahiran

Menteri Sosial Berinteraksi dengan Penerima Akte Kelahiran

Penyerahan Piagam Penghargaan

Proses Serah Terima Akte Kelahiran oleh Menteri Sosial Khofifah Indar P

Share this article:
Jenis kelamin dan saya tahun. saya butuh untuk