• Love Life
Astra Life Ajak Anak-Anak Cintai Budaya dan Kenali Literasi Keuangan Sejak Dini Lewat ‘Ayo Membatik’

Astra Life Ajak Anak-Anak Cintai Budaya dan Kenali Literasi Keuangan Sejak Dini Lewat ‘Ayo Membatik’


Jakarta, 4 Oktober 2016 – Dalam memperingati Hari Batik Nasional, PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life) mengajak anak-anak mengenali Batik sebagai kebudayaan Indonesia, sembari mengenalkan literasi keuangan sejak dini melalui program ‘Ayo Membatik’ yang diinisiasi oleh Yayasan Citra Sehat Relasi (CSR). Kegiatan ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 11 Kalibata dan melibatkan 100 Siswa serta 20 Guru Pembimbing (4/10).

Ditemui pada kesempatan yang sama, Head of Marketing Branding Astra Life Windy Riswantyo mengatakan bahwa melalui program ‘Ayo Membatik’ ini, Astra Life ingin mencoba mengajak anak- anak untuk mencintai hidup melalui kebudayaan. Selain itu tak lupa pihaknya juga menyelipkan literasi keuangan sejak dini kepada seluruh peserta.

Dalam kegiatan ini para siswa diajak untuk mengetahui lebih dalam mengenai batik. Baik mengenai cara membuatnya, mengetahui jenis-jenis batik, dan hal-hal lainnya seputar batik. Setelah diberi pengetahuan tentang batik, para siswa sekolah dasar tersebut pun berkesempatan membuat batik secara langsung. Kegiatan membatik ini juga dipandu oleh Finalis Putra Putri Batik 2014 Danar Gumilang yang ikut membantu memberikan cara-cara dan tips yang mudah diikuti oleh anak-anak saat belajar membatik.

Pihak Yayasan CSR mengatakan bahwa keberadaan batik telah menjadi identitas bangsa Indonesia yang telah diakui sebagai World Heritage oleh dunia melalui UNESCO 7 tahun yang lalu, tepatnya sejak tanggal 2 Oktober 2009, yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional oleh pemerintah Indonesia. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban setiap orang Indonesia untuk bisa mempertahankan kekayaan budaya yang dimiliki.

Agar ‘Ayo Membatik’ dapat diterima dengan baik oleh para peserta, penyelenggara mengutamakan konsep edukasi fun lewat hiburan dan permainan. Sehingga materi tentang batik sebagai warisan kebudayaan Indonesia dapat dipahami secara maksimal oleh anak-anak penerus bangsa.

“Senang sekali melihat anak-anak antusias untuk mengenal lebih jauh tentang cara membuat batik dan tertarik dengan materi literasi keuangan yang dibawakan. Kami berharap nantinya saat mereka bisa mewujudkan mimpinya, mereka tetap tidak melupakan warisan budaya,” ungkap Windy.

Kegiatan serupa kerap kali di gencarkan oleh Astra Life sebagai asuransinya orang Indonesia untuk mencintai hidup. “Perseroan melihat literasi keuangan sebagai salah satu cara guna meningkatkan penetrasi asuransi di masyarakat. Agar nantinya semua bisa terlindungi, dan bisa mencintai hidup yang dimiliki,” tutup Windy.

***

Tentang PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life)

PT Astra International Tbk dan Aviva International Holdings Limited menandatangani perjanjian pemegang saham bersyarat dan perjanjian pembelian saham untuk membentuk join venture 50-50 asuransi jiwa patungan pada 17 Januari 2014 diikuti dengan penyelesaian transaksi tanggal 26 Mei 2014. Persetujuan resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk lisensi bisnis di bawah nama PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life) diperoleh tanggal 13 Agustus 2014 dan perusahaan diluncurkan secara resmi kepada publik dan media tanggal 27 November 2014. Astra Life menerapkan konsep “Best of Both World atau Terbaik di Dua Dunia” – dengan mengkombinasikan pengalaman dan kompetensi Aviva sebagai asuransi kelas dunia selama 320 tahun termasuk 150 tahun di Asia serta kekuatan Astra sebagai salah satu pelopor grup usaha nasional di Indonesia dengan pemahaman yang mendalam tentang pasar Indonesia dan didukung oleh sumber daya lokal, pengetahuan dan merk di berbagai industri, jaringan dan distribusi nasional selama 59 tahun. Kolaborasi keduanya memberikan layanan terbaik dan dapat diandalkan bagi seluruh pelanggan Astra Life.

Astra Life menawarkan produk yang beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia mencakup asuransi perlindungan jiwa, kesehatan, kecelakaan dan pensiun serta asuransi berbasis investasi (unit link). Empat jenis dana (fund) dari produk unit link Astra Life memperoleh predikat sangat bagus di tiga kategori selama tahun 2015 dan memperoleh penghargaan Unit Link Award 2016 dari majalah Infobank.

Astra Life memiliki komitmen yang tinggi terhadap kepuasan pelanggan, terbukti dengan Layanan contact center Hello Astra Life 1 500 AVA (282) yang berhasil meraih penghargaan “Contact Center Service Excellence Award 2016” untuk kategori Asuransi Jiwa dan Kesehatan dengan predikat Excellent periode tahun 2015 dari Carre – Center for Customer Satisfaction and Loyalty (Care-CCSL), sebuah lembaga konsultan riset kepuasan dan loyalitas pelanggan. Selain itu, Hello Astra Life juga baru saja meraih Platinum Award The Best Contact Center Indonesia 2016 untuk kategori Best Contact Center Operation dari Indonesia Contact Center Association (ICCA), suatu komunitas Contact Center di Indonesia yang anggotanya terdiri dari Perusahaan dan Individu praktisi-praktisi Call Center dari berbagai industri. Dari sisi layanan operasional yang melibatkan jaringan rumah sakit yang menjadi rekanan perusahaan, Astra Life meraih penghargaan sebagai Rekanan dengan Administrasi Terbaik 2016 dari RS Santo Borromeus Bandung untuk layanan operasional asuransi kumpulan Employee Benefit.

Berdasarkan data per Desember 2015, perusahaan memiliki lebih dari 500 karyawan yang melayani lebih dari 16,000 pemegang polis yang berasal dari pelanggan individu dan korporasi serta lebih dari 600.000 peserta/anggota yang mempercayakan layanan produk perlindungan dan perencanaan yang dirancang perusahaan untuk kesejahteraan karyawannya (employee benefit). Pada tahun 2015 Perusahaan bertumbuh sebesar 110% dalam hal premi bruto (gross premium) dan lebih dari 500% dalam hal premi tahunan equivalen (APE – Annual Premium Equivalent). Hingga bulan Juli 2016, perseroan telah memperoleh Pendapatan Premi Bruto (GWP) YTD Juli 2016 sebesar Rp 1.447.139 juta dengan Total Aset per 31 Juli 2016 sebesar Rp 3.220.003 juta dan Rasio Solvabilitas Perusahaan (RBC) per 31 Juli 2016 sebesar 1.382%. Dengan pencapaian dan kinerja yang telah diperoleh sejak diluncurkan tahun 2014 sampai saat ini, Astra Life menjadi perusahaan asuransi jiwa yang memiliki pertumbuhan tercepat di Indonesia dan optimis untuk bisa menjadi salah satu dari lima asuransi jiwa terbesar di Indonesia. Website Astra Life dapat diakses di http://www.astralife.co.id.

PT ASTRA AVIVA LIFE terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Untuk informasi lebih lanjut:

PT ASTRA AVIVA LIFE
Wahyuni Murtiani
Corporate Communications – AVP Email: wahyuni.murtiani@astralife.co.id Tel: +62 (21) 304 22000 ext. 3165
Fax: +62 (21) 293 27979

***

photo-1-kegiatan-membatik-siswa-sdn-011-kalibata

Suasana kegiatan praktek belajar membatik yang dilakukan oleh siswa-siswi SDN 011 Kalibata Jakarta di lorong sekolah mereka.

photo-2-kegiatan-tanya-jawab-edukasi-literasi-keuangan-siswa-sdn-011-kalibata

Wahyuni Murtiani – Head Corporate Communications PT ASTRA AVIVA LIFE (Astra Life), mewakili perusahaan dalam kegiatan tanya jawab dengan salah satu siswa SDN 011 Kalibata Jakarta saat memberikan sesi edukasi literasi keuangan.

photo-3-kegiatan-edukasi-literatur-keuangan-dini-untuk-siswa-sdn-011-kalibata

Suasana antusiasme siswa-siswi SDN 011 Kalibata Jakarta didampingi para guru pembimbing saat mengikuti sesi edukasi literasi keuangan dari Astra Life.

photo-4-sekelompok-siswa-sdn-011-kalibata-jakarta-saat-belajar-membatik-dengan-berbagai-pola

Sekelompok siswa saat praktek belajar membatik dengan berbagai pola gambar untuk melatih keterampilan menggambar.

photo-5-sekelompok-siswi-sdn-011-kalibata-jakarta-saat-belajar-membatik-_-meniup-lilin

Sekelompok siswi saat praktek belajar menggunakan canting saat membatik dan proses meniup lilin dalam canting.

photo-6-guru-_-sebagian-siswa-sdn-011-kalibata-setelah-acara-selesai

Sebagian Siswa-siswa dan para Guru Pendamping SDN 011 Kalibata Jakarta berfoto bersama dengan seluruh panitia pendukung acara setelah selesai kegiatan.

***

Share this article:
Jenis kelamin dan saya tahun. saya butuh untuk